Uniknya Rumah Gua Bawah Tanah di Tunisia

Dikutip Denah Obscura, sebab terdapat di area beriklim panas, banyak orang Berber dari kaum Matmata membuat rumah menyamai terowongan. Bentuk rumah dasar tanah di Tunisia telah diketahui semenjak 1970- an.

Kaum Matmata membuat rumah terowongan dengan metode menggali lubang besar di tanah. Sehabis itu terbuat lorong- lorong semacam ruangan.

Kota Matmata di selatan Tunisia Gambar: Shutterstock© Diadakan oleh Kumparan Kota Matmata di selatan Tunisia Gambar: Shutterstock

Sebagian lorong- lorong itu tersambung dengan gang yang lain alhasil membuat labirin dasar tanah yang amat istimewa.

Lubang- lubang yang terbuka dapat berperan bagaikan laman, serta terkadang tersambung ke laman yang lain lewat gang semacam selokan yang membuat labirin dasar tanah yang besar.

Informasinya, bangsa Berber sudah menggali rumah di tanah dengan metode begitu sepanjang lebih dari seribu tahun.

Tidak hanya buat menjauhi dari panas, terdapat alibi lain mengapa Kaum Matmata membuat rumahnya berupa menyamai terowongan.

Perihal ini diakibatkan area Matmata pada era kemudian dipahami oleh kolonialis Arab, yang menimbulkan kaum Matmata berpindah mencari tempat bersembunyi yang nyaman.

Masyarakat yang bermukim di Matmata Gambar: Shutter Stock© Diadakan oleh Kumparan Masyarakat yang bermukim di Matmata Gambar: Shutter Stock

Kaum Matmata di Tunisia Membuat Rumah Terowongan Dasar Tanah dengan Perlengkapan Tradisional

Mereka memilah membuat rumah terowongan tidak jauh dari area pegunungan. Menariknya lagi mereka membuat rumah- rumah itu dengan alat- alat konvensional, sebab bentuk tanahnya yang lunak serta gampang dibangun.

Walaupun memakai perlengkapan simpel, rumah terowongan ini mempunyai pondasi yang kuat serta bisa bertahan sampai ratusan tahun, loh. Aksi!

Matmata, pemukiman dasar tanah istimewa di Tunisia Gambar: Shutter Stock© Diadakan oleh Kumparan Matmata, pemukiman dasar tanah istimewa di Tunisia Gambar: Shutter Stock

Sebab keunikannya itu, kawasan tinggal terowongan dasar tanah di Matmata jadi destinasi darmawisata terkenal untuk turis. Salah satu energi tariknya merupakan penginapan dasar tanah Sidi Driss yang jadi posisi syuting film Star Wars yang diperlihatkan bagaikan rumah Luke Skywalker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *