Terus Konflik, Ini 5 Fakta Unik Negara Afghanistan

Apa yang awal kali terlalui dalam benakmu kala berdialog mengenai negeri Afganistan? Tentu beberapa besar dari kalian hendak menanggapi perang. Balasan itu tidak seluruhnya salah, sebab memanglah di negeri yang terdapat di Asia Selatan ini perang sudah terjalin sepanjang kurang lebih 20 tahun lamanya.

Terbebas dari permasalahan yang lagi dialami oleh negeri dengan besar area 652. 864 kmĀ² itu, negeri Afganistan mempunyai fakta- fakta istimewa serta menarik yang wajib kalian ketahui semacam selanjutnya.

1. Afganistan dibuat oleh Bangsa Hotak serta Imperium Durrani

Julukan Afganistan mempunyai maksud tanah orang Afghan. Tadinya, Afganistan ialah suatu kerajaan yang dibuat oleh Bangsa Hotak pada

tahun 1709. Kemudian oleh Imperium Durrani pada tahun 1747 wujud rezim Afganistan berganti jadi republik dengan bunda kota Kandahar. Dari itu Imperium Durrani disebut- sebut bagaikan penggagas negeri Afganistan moderen.

Setelah itu pada tahun 1773 pusat rezim Afganistan dipindahkan ke kota Keikhlasan oleh generasi Imperium Kandahar yang meneruskan kekuasaannya.

2. Afganistan memperingati tahun terkini pada bertepatan pada 21 Maret

Bila pada biasanya banyak orang memperingati tahun terkini pada bertepatan pada 1 Januari, banyak orang Afganistan malah berlainan. Mereka mempunyai keramaian tahun terkini sendiri yang dikenal Nawroz serta jatuh pada bertepatan pada 21 Maret.

Tiap kali tahun terkini datang, masyarakat Afganistan beramai- ramai penuhi kota Mazar- e- Sharif buat turut meramaikannya. Nawroz dicoba dengan cara bebuyutan dari saat sebelum Islam tiba ke negeri ini hingga saat ini.

3. Buzkashi merupakan berolahraga nasional Afganistan

Afganistan mempunyai berolahraga nasional yang dikenal buzkashi. Buzkashi dimainkan oleh 2 regu yang tiap- tiap anggotanya hendak mengendarai jaran buat membekuk kambing.

4. Adat Afganistan yang populer merupakan puisi ataupun puisi

Adat Afganistan yang populer serta amat dinilai merupakan syair ataupun puisi. Telah lebih dari 1000 tahun lamanya banyak orang Afganistan terbiasa menulis syair- syair indahnya.

Rabu malam jadi dikala yang sangat ditunggu- tunggu oleh banyak orang Afganistan. Alasannya itu merupakan durasi untuk mereka terkumpul di kota Herat buat silih beralih puisi kuno serta modern. Aktivitas ini leluasa diiringi oleh siapa saja, bagus pria, wanita ataupun kanak- kanak.

Dikala kegiatan berjalan umumnya hendak terdengar buaian nada konvensional Herati serta hidangan berbagai macam berbagai kue enak serta minuman teh manis.

5. Banyak hendak pangkal energi alam

Bentrokan yang berjalan di Afganistan ikut pengaruhi kemajuan ekonomi di negeri itu. Sementara itu Afganistan mempunyai pangkal energi alam yang banyak. Ilustrasinya di area tenggara ada perak, kencana, tembaga, seng serta batuan besi.

Sebaliknya di area timur laut ada batu agung serta semi agung. Sedangkan itu di utara ada persediaan minyak dunia serta gas alam. Pangkal energi alam lain yang diprediksi dapat ditemui di Afganistan ialah batubara, uranium, chromites serta belerang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *