PKL Unik Alun-alun 2020

PKL Unik Alun-alun 2020

Ratusan orang dagang kaki 5( PKL) Alun- alun Kota Tegal yang teregabung dalam Perkumpulan Sindikat Pekerja Berhasil Bersama( SPJB) melaksanakan boyongan ataupun pindahan ke tempat relokasi terkini, Rabu( 2 atau 9 atau 2020). Yang Istimewa, cara boyongan PKL Alun- alun dengan mempraktikkan adat- istiadat adat Tegal. Sebesar 120 orang dagang bersama keluarga, ratusan wagon diarak dengan arak- arakan gendang mengarah tempat relokasi terkini yang terletak di pojok utara Alun- alun Kota Tegal.

Tadinya, ratusan PKL itu berdagang di lingkaran Alun- alun. Tetapi direlokasi sebab terdapatnya pembangunan Alun- alun. Pimpinan Perkumpulan SPJB PKL Alun- alun Yon Haryono( 52) berkata, beliau bersama badan SPJB yang lain melaksanakan boyongan ke tempat terkini. Baginya, cara boyongan yang dicoba PKL tidak bebas dari adat- istiadat adat Tegal.

Mereka memandu wagon dari rumah ataupun tempat menginapnya wagon ke tempat terkini dengan diiringi buaian rebanan.” Betul malam ini kita boyongan ataupun alih ke tempat terkini wajib terdapat adat- istiadat yang melampiri. Kita orang Tegal, kita pula memiliki adat yang tidak dapat dilepas.

Mulanya kita jalur serempak diiringi gendang ke tempat terkini,” ucapnya. Sesampainya di tempat terkini, para orang dagang mengadakan tahlilan serta berkah bersama sekalian potong tumpeng.” Betul intinya memohon keamanan di tempat terkini. Ini kan pula tanah kosong yang tidak dihuni. Namanya orang alih rumah, awal cari aman, kedua biar bantuan serta barokah,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *