Paul Pogba Ungkap Berita Hoaks 2020

Paul Pogba Ungkap Berita Hoaks 2020

Maraknya berita hoaks tidak cuma berlangsung di dunia politik. Sepak bola juga tak lepas dari fenomena ini.

Paul Pogba jadi bintang sepak bola paling baru yang diterpa berita hoaks. Ia disebut mengundurkan diri dari Timnas Prancis akibat pernyataan kontroversial Presiden Prancis, Emmanuel Macron.

The Sun jadi pihak yang pertama kali mengumumkan pensiunnya Pogba dari Timnas Prancis. Media ternama Inggris itu menyebut sang pemain tidak puas bersama dengan sikap Macron yang menyudutkan Islam didalam kasus pemenggalan guru peristiwa bernama Samuel Paty, lebih dari satu kala lalu.

Namun kabar itu bersama dengan tegas dibantah Pogba. Lewat account Instagram pribadinya, gelandang Manchester United berikut tak sangsi menuduh The Sun telah menyebarkan hoaks.

Tak sampau di situ, Pogba bahkan siap membawa kasus ini ke jalan hukum. Ia jadi hidupnya terganggu karena pemberitaan bohomg tersebut.

“Sangat disayangkan, lebih dari satu sarana tidak bertanggung jawab kala menulis berita. Menyalahgunakan kebebasan pers yang mereka mempunyai bersama dengan tidak melakukan verifikasi benar atau tidaknya yang mereka tulis,” kata Pogba di Instagram.

“Itu pengaruhi hidup saya. Saya akan mengambil tindakan hukum terhadap penerbit dan penyebar berita palsu ini.”

Pogba bukan bintang sepak bola Eropa pertama yang jadi korban berita hoaks. Sejumlah nama lain juga pernah diberitakan tidak cocok fakta yang menyangkut karier sepak bola atau kehidupan pribadinya.

Berikut empat bintang sepak bola Eropa sebelum akan Paul Pogba yang jadi korban berita hoaks:

1. Lionel Messi
Lionel Messi

Sebagai megabintang sepak bola dunia, Lionel Messi jadi tidak benar satu nama yang paling sering jadi korban berita hoaks. Hal itu jadi wajar karena sosoknya jadi daya tarik banyak orang.

Salah satu berita hoaks yang pernah menimpa Messi adalah mengenai kabar kematiannya. Momen itu berlangsung terhadap Mei 2012 silam.

Fox Sports jadi sarana pertama yang mengabarkan hal tersebut. Lewat account Twitter versi Amerika latin miliknya, perusahaan asal Amerika Serikat itu menulis bahwa Messi meninggal dunia karena serangan jantung kala latihan.

Tak lama kemudian, berita itu segera diralat oleh Fox Sports. Mereka beralasan account Twitternya diretas oknum tak bertanggung jawab.

Selain itu, Messi lebih dari satu kali juga sempat diterpa kabar hoaks. Salah satunya adalah mengenai penolakannya terhadap kebijakan pemotongan gaji yang dijalankan manajemen Barcelona terhadap awal jaman pandemi berlangsung.

La Pulga bersama dengan tegas membantah kabar tersebut. Ia mengimbuhkan klarifikasi melalui account sarana sosial pribadinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *