6 Fakta Unik Seputar Jalan Tol Terindah Di Indonesia

6 Fakta Unik Seputar Jalan Tol Terindah Di Indonesia

Sebagai jalan tol pertama di Bali, ternyata Jalan Tol Bali Mandara menyimpan berbagai keunikan.

Berikut adalah 6 fakta unik seputar jalan tol terindah di Indonesia ini.

6 Fakta Unik Seputar Jalan Tol Terindah Di Indonesia

1. Dua nama

Awalnya, jalan tol ini dikenal dengan tol atas laut Bali. Gubernur Bali, Made Mangku Pastika mengusulkan dua nama untuk tol tersebut ke Presiden SBY, yaitu Tol Soekarno Hatta dan Bali Mandara. Akhirnya, nama yang dipilih adalah Bali Mandara.

2. Seratus persen buatan Indonesia

Konstruksi jalan tol ini dibikin oleh konsorsium BUMN dan BUMD Bali. Tak cuma itu, jalan tol selama 12,7 km dan menghabiskan dana 2,4 trilyun ini termasuk dibiayai oleh sindikasi bank BUMN dan Jasa Marga. Selain rancangan sendiri, berbagai materialnya pun merupakan product didalam negeri.

3. Sangat singkat

Jalan tol ini mulai dikonstruksi lebih kurang bulan Maret 2012 dan selesai lebih kurang bulan Mei 2013. Terhitung cepat untuk pengerjaan tol di atas laut tersebut yang tersedia pertama kali di Indonesia.

4. Jalur sepeda motor

Jika sebagian jalan tol cuma untuk mobil, Jalan tol Bali Mandara termasuk sediakan jalan motor. Ini merupakan jalan di atas laut pertama yang punya jalan spesifik motor di sebelah kiri dan kanan bahu jalan.

5. Tergantung angin

Karena dibangun di atas perairan, tol ini riskan terhadap besarnya kecepatan angin. Jika kecepatan angin raih 40 km atau lebih, jalan tol ditutup selagi untuk menjauhkan risiko kecelakaan.

6. Penanaman mangrove

Demi terselesaikannya jalan tol ini, tersedia sebagian lahan mangrove yang tergerus terhadap era konstruksi. Namun, setelah jalan tol selesai, dikerjakan penanaman lagi pohon mangrove sebanyak 16.000 pohon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *