5 Fakta Unsinkable Sam

Di antara seluruh kucing kapal yang terdaftar dalam asal usul, ada seekor kucing legendaris yang namanya populer di galeri Perang Bumi II. Tidak tanggung- tanggung, sepanjang perang kucing imut ini nyatanya sanggup” berkarier” di 3 kapal dari 2 angkatan laut negeri yang berlainan, dan sanggup bertahan hidup sehabis ketiga kapal itu tenggelam. Inilah cerita mengenai Unsinkable Jack, sang kucing legendaris dari Perang Bumi II!

1. Celus dari ajal di kapal perang Bismarck

Tidak banyak data yang dikenal mengenai kehidupan Sam dari lahir. Memo awal dari kucing ini merupakan kala ia mengawali

karir pelautnya di kapal perang legendaris kepunyaan Nazi Jerman, Bismarck. Kucing bercorak hitam- putih ini ialah piaraan salah satu kerabat kerja Bismarck serta mulai melaut pada bertepatan pada 18 Mei 1941. Sepanjang era itu, kewajiban penting Sam merupakan membasmi wereng tikus di kapal, sekalian mensupport akhlak para bahariwan nelayan dikala menempuh Pembedahan Rheinübung buat menutup rute perkapalan ke Inggris.

Pada bertepatan pada 27 Mei 1941, Bismarck hadapi kehancuran akut kala digempur tornado kepunyaan HMS Ark Royal, kapal benih kepunyaan Angkatan Laut Inggris. Kapal ini juga kesimpulannya karam dekat 300 mil laut dari Brest, Prancis. Dalam kejadian ini, cuma 115 orang dari 2100 kerabat kerja kapal Bismarck yang selamat– termasuk Sam. Kucing ini juga ditemui dikala membendung di laut oleh kerabat kerja HMS Cossack serta diadopsi oleh kerabat kerja kapal itu.

2. Membelot ke Inggris serta Jadi Kerabat kerja HMS Cossack

Sesudah diselamatkan, kucing ini juga” membelot” ke Inggris serta jadi kerabat kerja pembasmi wereng di HMS Cossack, kapal perusak( destroyer) yang turut berfungsi berarti dalam penyerangan Bismarck. Sebab kerabat kerja di HMS Cossack tidak ketahui julukan asli dari kucing itu, mereka juga berikan julukan Oscar– berasal dari artikulasi graf O dalam International Codes of Signal yang berarti” Man Overboard”. Oscar juga kembali menempuh hari- harinya bagaikan kucing bahariwan nelayan di HMS Cossack, dengan kewajiban penting membekuk tikus serta berikan sokongan akhlak ke badan kapal.

Tetapi, keberhasilan Oscar di laut kembali dicoba dikala HMS Cossack melaksanakan tujuan penjagaan di Gibraltar pada bulan Oktober 1941. Dikala itu, HMS Cossack cacat akut dampak serbuan terpedo oleh kapal selam U- 536 kepunyaan Nazi Jerman. Serbuan ini menyebabkan sepertiga bagian depan HMS Cossack sirna cair, sampai kesimpulannya tenggelam pada bertepatan pada 27 Oktober 1941. Kejadian itu membunuh 159 kerabat kerja yang bekerja, tetapi tidak tahu gimana triknya Oscar kembali aman dari reruntuhan kapal itu.

3. HMS Ark Royal serta Julukan Unsinkable Sam

Pemangsa Daging Vs Vegetarian, Siapa yang Lebih Jauh Baya?

Oscar diselamatkan oleh kerabat kerja kapal benih kepunyaan Inggris, HMS Ark Royal. Dengan cara bertepatan, kapal HMS Ark Royal inilah yang sukses menjatuhkan Bismarck– kapal tempat Oscar membuka karir sebagian bulan tadinya. Semacam 2 kapal tadinya, Oscar kembali ditugaskan jadi ahli pembasmi wereng di HMS Ark Royal, dan jadi piaraan kesukaan untuk para kerabat kerja.

Sebab sukses aman dari 2 kejadian kapal tenggelam dalam durasi kurang dari satu tahun, kerabat kerja di HMS Ark Royal juga berikan julukan” Unsinkable Sam” pada Oscar. Julukan ini juga kesimpulannya menempel akrab dengan Oscar alhasil orang juga lebih kerap memanggilnya dengan julukan itu.

4. Kembali bertugas bagaikan penangkap tikus di Gibraltar

Sayangnya, julukan terkini itu tidak mempengaruhi pada keberhasilan Sam. Cuma dalam durasi kurang dari satu bulan, rumah terbarunya HMS Ark Royal pula terserang terpedo dari kapal selam U- 81 kepunyaan Nazi Jerman. Pada kejadian ini, lagi- lagi Oscar sukses ditemui dalam kondisi aman oleh kapal langlang Angkatan Laut Inggris. Kerabat kerja kapal langlang itu menarangkan kalau Sam ditemui dikala” bergandengan di suatu kediaman yang terapung di laut, dalam kondisi marah tetapi tidak terluka”.

Karamnya kapal ketiga ini jadi akhir karir bahariwan nelayan untuk Sam. Angkatan Laut Inggris juga menyudahi buat memensiunkan Sam serta mengirimnya ke Kantor Gubernur Gibraltar buat” menempuh sisa 6 nyawa yang sedang dipunyai”. Di rumah barunya itu, Sam kembali diberi profesi dengan titel” Shore Mouse Catcher”.

5. Menempuh pensiun di Home of Sailors, Belfast

Sesudah perang, Sam juga kesimpulannya dikirim ke darat Inggris buat menempuh era pensiunnya. Beliau ditempatkan di Home for Sailor, suatu rumah bahariwan nelayan di area Belfast, Inggris, dikelilingi oleh purnakaryawan bahariwan nelayan lain sepanjang Perang Bumi II. Di tempat ini, Sam menghabiskan sisa hidupnya sampai tewas di tahun 1955– 10 tahun sesudah Perang Bumi II berakhir, dan 14 tahun dari kejadian kapal tenggelam pertamanya di Bismarck.

Sesudah kepergiannya, Sam juga jadi babad di golongan bahariwan nelayan. Gambar serta lukisannya juga dilansir di Museum Bahari Nasional Inggris, Greenwich. Kariernya memanglah tidak secermerlang Simon, kucing bahariwan nelayan legendaris lain dari HMS Amethyst yang memperoleh apresiasi Dickin Medal, tetapi namanya senantiasa dikenang oleh Angkatan Laut Inggris bagaikan kucing bahariwan nelayan yang tidak dapat karam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *