5 Fakta Unik Tentang Laba Laba Yang Bisa Membuat Anda Kagum

5 Fakta Unik Tentang Laba Laba Yang Bisa Membuat Anda Kagum

Laba-laba. Wih, hewan yang satu ini sanggup buat jerit-jerit seisi tempat tinggal jikalau tiba-tiba muncul. Meskipun kecil, kebanyakan orang memang menyaksikan laba-laba sebagai hewan yang mengerikan. Bahkan gak sedikit yang jadi benci mirip laba-laba.

5 Fakta Unik Tentang Laba Laba Yang Bisa Membuat Anda Kagum

Padahal memang gak perlu hingga begitu lho. Di balik tampangnya yang seram, laba-laba ternyata miliki sejumlah fakta yang akan membuatmu kagum. Apa saja? Berikut 5 di antaranya.

1. Laba-laba bukan serangga

Hayo, siapa yang masih sering salah mengira laba-laba sebagai serangga? Sekilas, memang laba-laba miliki kemiripan dengan serangga, namun memang laba-laba termasuk didalam sebuah kelas yang disebut Arachnida. Sementara serangga tergolong didalam kelas yang berbeda, yaitu Insecta.

Hewan Arachnida, layaknya sekiranya laba-laba, kalajengking, dan tungau, cuma miliki 2 segmen tubuh. Lain halnya dengan serangga yang miliki 3 segmen tubuh. Perbedaan lain adalah Arachnida miliki 4 pasang kaki, pas serangga cuma 3 pasang. Nah, jadi jangan salah sebut laba-laba sebagai serangga lagi ya.

2. Memiliki jaring yang terlampau kuat

Salah satu ciri khas laba-laba pasti adalah jaring yang sanggup mereka keluarkan untuk membangun sarang. Ada beragam model laba-laba di dunia ini, dan kekuatan jaring mereka pun berbeda-beda. Tapi secara umum, jaring laba-laba miliki kekuatan yang luar biasa.

Seberapa kuat sih memangnya? Kalau dibandingkan dengan kawat besi, jaring laba-laba dengan ketebalan yang mirip miliki kekuatan 5 kali lipat. Bahkan jikalau sebuah jaring laba-laba sanggup diperbesar hingga setebal batang pensil, jaring berikut sanggup menghentikan pesawat Boeing 747 yang sedang terbang! Wah, luar biasa ya!

3. Mampu melompat terlampau jauh

Jika laba-laba sanggup turut lomba lompat jauh melawan manusia, sanggup dipastikan mereka akan jadi pemenang. Laba-laba sanggup melompat sejauh hingga 40 kali panjang tubuhnya. Iitu mirip layaknya seseorang dengan tinggi badan 175 cm yang sanggup melompat sejauh 7 km sekali lompat!

Uniknya, kaki laba-laba memang tidak miliki otot yang kuat. Mereka melompat dengan mengkontraksi otot abdomen hingga cairan terpompa ke kaki belakang. Lalu kaki belakang mereka diluruskan kembali, dan itulah yang membuat tubuh mereka terpental hingga terlampau jauh.

4. Tidak miliki gigi

Meski bertampang mengerikan, laba-laba memang tidak miliki gigi. Beberapa spesies laba-laba miliki sepasang taring semu yang tidak digunakan untuk mengunyah makanannya, namun cuma untuk menyuntikkan racun ke tubuh mangsanya.

Setelah mangsanya mati, laba-laba akan mengeluarkan cairan enzim yang akan melembutkan tubuh mangsanya. Lalu ia tinggal melahap mangsanya dengan cara menghisapnya. Ew!

5. Bisa romantis termasuk lho!

Wahai cowok, kamu senang gak kasih hadiah istimewa buat gebetan atau pacarmu? Kalau engga, wah kamu kalah dong mirip laba-laba. Ya, siapa bilang yang sanggup romantis cuma manusia aja? Laba-laba termasuk sanggup lho!

Pada sebagian spesies laba-laba, sang jantan akan memberi tambahan hadiah berbentuk serangga yang udah ia tangkap kepada betinanya. Biasanya hadiahnya berbentuk lalat yang tertangkap di jaringnya. Setelah diberikan, barulah mereka akan kawin. Hmm, jadi bisa saja lalat itu adalah mas kawinnya ya.

Nah, itulah 5 fakta unik tentang laba-laba yang bisa saja tidak kamu paham sebelumnya. Ternyata walau sanggup buat ngeri, hewan yang satu ini cukup fantastis bukan? Dan lagipula laba-laba miliki faedah penting didalam ekosistem kurang lebih kita lho. Jadi kalo ketemu laba-laba, jangan sembrono dibunuh ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *