5 Fakta Unik Soal Matematika Yang Di Ungkap Oleh Agniijo Banerjee

5 Fakta Unik Soal Matematika Yang Di Ungkap Oleh Agniijo Banerjee

Agniijo Banerjee, anak berusia 13 tahun yang memiliki IQ 162, membeberkan fakta unik seputar matematika dalam buku barunya yang berjudul Weird Maths: At the Edge of Infinity and Beyond. Ada banyak fakta-fakta unik matematika yang diungkap oleh anak itu. Apa saja? Berikut diantaranya.

5 Fakta Unik Soal Matematika Yang Di Ungkap Oleh Agniijo Banerjee

1. Teorema Sandwich Daging

Dalam matematika, tersedia teorema yang membahas soal sandwich. Sandwich yang terdiri berasal dari lapisan roti, keju, dan daging dinyatakan dalam teori ini mampu dibelah jadi dua bagian yang serupa besar dalam sekali iris. Bandar  BolaTernyata, rancangan “sandwich” ini mampu berlaku tak cuma pada sandwich itu sendiri, tapi terhitung sampai tingkat galaksi.

Dalam cakupan yang lebih luas, teorema ini pun tetap mampu diberlakukan. Contohnya dalam lima dimensi, lima benda, apa pun wujud dan posisinya, ketika dipotong akan menghasilkan bagian yang serupa persis.

2. Angka Terbesar

Seorang pria asal New York dulu menggugat sebab dirinya digigit seekor anjing gila. Angka yang diminta sebanyak dua triliun trilun triliun dolar. Nilai selanjutnya jauh lebih banyak daripada yang tersedia di Bumi. Dalam matematika, tersedia makna googol dan googoplex. 1 gogool adalah 10 pangkat 100. Sementara 1 googoplex adalah 10 pangkat 10 pangkat 100. Saking besarnya, kudu ruang tambahan di alam semesta untuk menuliskannya.

3. Melihat di 4 Dimensi

Pakar matematika Inggris, Charles Hinton, belajar perihal visualisasi obyek pada empat dimensi. Alat yang dia pakai berbentuk “Kubus Hinton”. Umumnya, manusia merekonstruksi citra dimensi berasal dari citra yang jatuh di retina, yang pada dasarnya merupakan permukaan datar. Bayangkan andaikata kami menaikkan dimensi pakai semacam pemindai yang beri tambahan alat semacam 3D retina? Mungkin perihal itu akan segera jadi kenyataan.

4. Misteri Bilangan Prima

Hipotesis Riemann tetap dicari pemecahannya sebab jadi masalah besar bagi matematika. Hipotesis ini menyangkut distribusi bilangan prima. Keunikan bilangan sempurna adalah cuma mampu dibagi dengan angka satu dan bilangan itu sendiri. Apabila Hipotesis Riemann terbukti benar, akan dikatakan bahwa meski kemunculan bilangan sempurna tidak pasti, setidaknya mampu diketahui sedikit kemungkinannya.

5. Grand Master Baru

Magnus Carlesen, juara dunia catur, mendiami peringkat tertinggi dalam pertandingan catur dengan skor 2882 pada tahun 2014. Nilai selanjutnya tetap jauh dibandingkan dengan mesin catur terkuat, lebih berasal dari 3400. Tahun 2005, jadi tahun terakhir tersedia manusia yang mampu memenangkan pertandingan catur melawan pc dalam game catur di komputer. Semenjak itu, tidak tersedia lagi yang mampu mengalahkan komputer. Komputer beralih lebih kuat. Komputer terhitung melampaui kebolehan manusia pada permainan yang lebih sulit, bernama Go. Petenis nomor satu dunia, Ke Jie, kalah telak waktu berlaga tiga pertandingan dengan pc pada tahun 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *