5 Fakta Unik Mengenai Tumbuhan Titan Arum Yang Sangat Mengagumkan

5 Fakta Unik Mengenai Tumbuhan Titan Arum Yang Sangat Mengagumkan

Indonesia sesungguhnya pantas disebut sebagai surga keanekaragaman hayati yang menakjubkan. Ada begitu banyak makhluk hidup endemik negeri ini yang unik dan mengagumkan. Tidak cuma fauna, tapi termasuk flora. Salah satu buktinya adalah Indonesia tidak cuma mempunyai satu, tapi dua tanaman bunga yang memecahkan rekor ukuran terbesar di dunia.

5 Fakta Unik Mengenai Tumbuhan Titan Arum Yang Sangat Mengagumkan

Yang pertama adalah Rafflesia arnoldii yang memegang rekor sebagai bunga dengan diameter terlebar di dunia. Lalu yang ke dua ada Amorphophallus titanum atau biasa disebut Titan Arum yang bunganya dinobatkan sebagai yang tertinggi di dunia.

Kita telah dulu mengkaji mengenai Rafflesia arnoldii sebelumnya. Jadi kali ini mari mengenal lebih dekat Titan Arum. Meski cenderung kurang tersohor dibanding Rafflesia arnoldii, Titan Arum termasuk gak kalah mengagumkan lho. Ini dia 5 faktanya.

1. Namanya berasal berasal dari bentuknya yang unik

Titan arum dengan sebutan lain Amorphophallus titanum adalah satu berasal dari sekian banyak tumbuhan yang tergabung di dalam genus Amorphophallus. Kata Amorphophallus itu sendiri berasal berasal dari kata Yunani amorphos yang artinya bersifat aneh dan phallus yang artinya penis.

Jadi secara harfiah, Amorphophallus artinya penis yang bersifat aneh. Nama itu diberikan sebab semua spesies di dalam genus Amorphophallus mempunyai bunga yang bentuknya konon layaknya penis. Hmm jikalau menurutmu, sama gak?

2. Punya bunga tertinggi di dunia

Bunga titan arum mempunyai ukuran yang luar biasa. Soal diameter, bunganya mampu raih ukuran sekitar 90 cm, masih kalah berasal dari diameter bunga Rafflesia arnoldii yang rekor terbesarnya pas mekar adalah 105 cm. Tapi soal tinggi, tidak ada yang mengalahkan bunga titan arum. Berapa tingginya? Rekor tertinggi yang dulu tercatat adalah 3,1 meter!

3. Disebut bunga bangkai

Kesamaan antara Titam arum dan Rafflesia arnoldii bukan cuma soal ukurannya yang luar biasa. Kedua model bunga ini termasuk sama-sama disebut bunga bangkai sebab pas mekar bunganya bakal mengeluarkan bau layaknya daging busuk dengan sebutan lain bangkai. Fungsi berasal dari bau busuk itu tentu untuk menarik perhatian lalat yang bakal menolong penyerbukan bunga ini.

4. Punya daun dan umbi yang unik

Kamu barangkali masih ingat bahwa tanaman Rafflesia arnoldii mempunyai keunikan sebab cuma terdiri berasal dari bunga dan akar, tanpa daun dan batang. Sementara titam arum mampu dibilang lebih ‘normal’ sebab termasuk mempunyai daun dan lebih-lebih umbi.

Tapi daun dan umbinya pun termasuk terlampau unik. Coba memandang gambar di atas, yang hijau tinggi menjulang itu bukan batang lho, tapi daun. Ya, daun titam arum sesungguhnya cuma satu, tapi bentuknya sama juga batang yang mampu tumbuh sampai 6 meter. Di ujung daunnya ada pucuk daun yang bercabang dan tampak sama juga layaknya daun biasa.

Umbi titan arum adalah umbi terbesar di dunia. Beratnya biasanya 50 kg, tapi rekor terbesar yang dulu tercatat adalah 153,9 kg! Umbi berikut berfungsi sebagai cadangan makanan bagi titan arum.

5. Tergolong tumbuhan langka

Seperti Rafflesia arnoldii, titamarum termasuk tergolong tumbuhan langka. Hal itu sebab perkembangbiakan tumbuhan ini sulit terjadi secara alami. Bunganya cuma tumbuh tiap tiap 4 sampai 5 th. sekali. Ketika telah tumbuh, mekarnya pun terlampau sebentar, cuma sekitar 24-36 jam saja.

Itu membuat penyerbukan bunga ini terlampau jarang terjadi. Tapi jikalau berhasil terjadi, penyerbukan titan arum bakal menghasilkan ratusan buah. Buah titan arum berwarna merah dan punya kandungan biji besar. Di alam, hewan memakan buah ini dan menyebarkan bijinya sampai titan arum pun tersebar ke semua hutan.

Habitat asli titan arum adalah di Pulau Sumatera. Namun sebab pembalakan hutan, pas ini populasi mereka di alam bebas telah terlampau sedikit. Maka titan arum banyak dikembangbiakan di kebun botani di semua dunia, termasuk di Indonesia apabila di Kebun Raya Bogor.

Itulah 5 fakta unik mengenai titan arum, tumbuhan dengan bunga tertinggi di dunia.

Ternyata Indonesia mempunyai dua bunga raksasa sekaligus ya. Jadi gimana, jadi bangga kan jadi orang Indonesia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *