5 Fakta Unik Dan Menakjubkan Tentang Unta

5 Fakta Unik Dan Menakjubkan Tentang Unta

5 Fakta Unik Dan Menakjubkan Tentang Unta

Unta adalah salah satu hewan paling luar biasa di dunia. Mereka dapat bertahan hidup di gurun, salah satu daerah yang paling ekstrem bagi makhuk hidup. Maka tentu, unta punya sejumlah keunikan yang membuatnya istimewa dibanding hewan lain.
Bandar Taruhan
Gak hanya soal kapabilitas mereka hidup di gurun, unta juga punya beragam keunikan lain. Ini dia lima fakta unik unta yang bakal membuatmu tambah mengagumi hewan tangguh ini.

1. Ada yang punya satu punuk dan tersedia yang dua punuk

Kamu pasti sadar bahwa unta punya punuk yang berfungsi untuk menyimpan lemak. Itulah salah satu cara adaptasi yang membuat mereka dapat bertahan di lingkungan gurun yang tidak bersahabat. Tapi tahukah kamu bahwa tersedia unta yang punya dua punuk dan tersedia yang hanya satu punuk?

Unta arab (Camelus dromedarius) atau biasa disebut dromedari hanya punya satu punuk. Sedangkan spesies unta Camelus bactrianus dengan kata lain unta baktria punya dua punuk. Ada pula unta baktria liar (Camelus ferus) yang juga punya dua punuk.

2. Tubuhnya punya adaptasi yang luar biasa untuk hidup di gurun

Tidak sembrono hewan dapat hidup di lingkungan gurun yang ekstrem. Butuh beragam fitur adaptasi luar biasa untuk dapat melakukannya, dan itulah tepatnya yang dimiliki unta. Misalnya layaknya dikutip berasal dari Britannica, tubuh unta baru bakal berkeringat kecuali suhu lingkungan udah capai 41°C!

Saat kekurangan air, unta juga dapat mengurangi volume urinnya sampai hanya seperlima volume normal. Kotoran mereka pun sangat kering, sampai-sampai gembala unta dapat memanfaatkan kotorannya itu untuk bahan bakar api unggun. Dan selagi berjumpa sumber air, tubuhnya dapat menyerap sampai lebih berasal dari 100 liter air hanya di dalam 5-10 menit!

Selain panas dan kering, lingkungan berpasir pun dapat disiasati oleh unta. Kaki mereka mempunyai dua kuku besar yang melebar untuk mendistrubusi berat tubuhnya sehingga mereka tidak tenggelam di dalam pasir. Badai pasir pun bukan masalah, dikarenakan mereka punya bulu mata yang panjang dan lubang hidung yang dapat menutup secara otomatis!

3. Sanggup makan kaktus bersama dengan susunan mulutnya yang unik

Bentuk adaptasi hebat lain yang dimiliki unta adalah kemampuannya untuk makan kaktus yang dipenuhi duri tajam. Karena kaktus seringkali adalah hanya satu sumber makanan di daerah gurun pasir, maka kapabilitas selanjutnya sangat vital bagi mereka.

Bagaimana unta dapat mengunyah duri-duri tajam kaktus tanpa terluka? National Geographic menyatakan bahwa unta punya susunan keras bernama “papilae” di di dalam mulutnya. Papilae tersusun berasal dari keratin, serupa layaknya kuku manusia. Dengan papilae tersebut, unta dapat mengarahkan duri-duri kaktus sehingga tidak menusuk mulutnya.

Saat mengunyah, rahang unta bergerak menyamping untuk mendistribusi tekanan berasal dari kaktus, selanjutnya papilae mengarahkan duri kaktus secara vertikal seraya masuk ke kerongkongannya. Unta memang tetap dapat terluka selagi makan kaktus, tapi mereka dapat menoleransinya kecuali kaktus adalah hanya satu makanan yang tersedia.

4. Tergolong jinak, tapi dapat menjadi hewan yang berbahaya

Unta kemungkinan gak juga hewan yang dianggap berbahaya bagi manusia. Terutama unta domestik yang banyak diternak oleh penduduk di kawasan Timur Tengah. Tapi hewan ini ternyata punya potensi bahaya yang lebih-lebih dapat mengancam nyawa.

Potensi selanjutnya terkandung di dalam mulut mereka. Ingat bahwa mereka dapat memakan kaktus yang berduri, maka gigi unta pasti tidak dapat diremehkan. Laman Altina Wildlife menyebut bahwa gigi seri unta besar dan mengarah ke dalam, sehingga gigitannya dapat untuk mengelupas kulit seseorang. Ouch!

Laman Independent lebih-lebih mencatat masalah seorang pria yang tewas dibunuh unta peliharaannya sendiri. Kepala dan tubuh sang pria terluka parah akibat gigitan unta selanjutnya sampai ia tewas. Diduga, si unta marah dikarenakan diikat seharian di dalam situasi cuaca ekstrem yang capai suhu 43°C.

Kunjungi Juga : 5 FAKTA MENARIK

5. Ternyata dapat berenang

Fakta yang satu ini kemungkinan serupa sekali gak kamu sangka. Ya, ternyata unta dapat berenang! Hal itu kemungkinan terdengar aneh dikarenakan di habitat mereka air sangat langka, lebih-lebih di dalam jumlah banyak yang amat mungkin mereka berenang. Tapi nyatanya mereka dapat melakukannya. Tonton saja video di atas kecuali gak percaya!

Itulah 5 fakta tentang unta yang menyatakan bahwa mereka memang hewan yang sangat tangguh. Gimana, menjadi tambah kagum kan terhadap hewan yang satu ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *