5 Fakta Unik Benua Antartika yang Tak Banyak Orang Tahu

5 Fakta Unik Benua Antartika yang Tak Banyak Orang Tahu

5 Fakta Unik Benua Antartika yang Tak Banyak Orang Tahu

Ada begitu banyak hal-hal unik menarik yang pasti belum kalian ketahui berkenaan Bumi. Ya, di Bumi tersedia terlalu banyak tempat-tempat bersama dengan wilayah terpencil, susah dijangkau dan punyai iklim yang ekstrem seperti Benua Antarktika.
FS88BET
Seluruh orang di bumi terhitung pasti setuju bahwa Benua Antarktika merupakan keliru satu daerah paling misterius di bumi.

Tak heran, Benua Antarktika kerap kali menarik perhatian para ilmuwan untuk melacak fakta-fakta uniknya Untuk menambahk Info dan wawasan kalian berkenaan Benua Antartktika berikut ini 7 fakta unik berkenaan Benua Antartika, dikutip berasal dari web Bored Panda:

1. Ada Tempat di Antartika yang Belum Pernah Hujan atau Salju Selama 2 Juta Tahun

Di Antartika, sekitar 1% benua (4.000 km atau 2.500 mil) secara permanen terbebas berasal dari es. Area itu disebut lembah kering atau oasis Antarktika.

Area itu dianggap sebagai gurun terkejam di dunia dan diperkirakan tak pernah mengalami hujan atau salju selama hampir 2 juta tahun.

Menurut sebuah belajar yang dipimpin oleh para ilmuwan Australia, akibat perubahan iklim, daerah bebas es di Antarktika mampu meluas sampai 25% terhadap akhir abad ke-21. Ini mampu secara drastis merubah keanekaragaman hayati benua.Blood Falls

2. Ada Air Terjun di Antarktika yang Disebut Air Terjun Darah

Blood Falls atau Air Terjun Darah ini tidak terlalu mengalirkan darah. 5 juta th. yang lalu, pas permukaan laut naik, Antarktika Timur mengalami banjir dan danau air asin terbentuk di sana. Setelah jutaan tahun, gletser terbentuk di atas danau. Danau subglasial di bawah Air Terjun Darah tiga kali lebih asin berasal dari air laut.

Air di bawah gletser memiliki kandungan banyak zat besi. Lalu kala air yang kaya zat besi berikut bersentuhan bersama dengan udara, zat besi berikut teroksidasi dan berubah warna menjadi merah darah, kala mengalir di atas es dapat terlihat seperti noda darah.

3. Antarktika Adalah Satu-Satunya Tempat di Dunia yang Tidak Ditempati Semut

Hampir setiap bagian tanah di Bumi menampung setidaknya satu spesies semut asli atau invasif.

Namun di Antarktika, Kutub Utara dan beberapa pulau terpencil lainnya adalah daerah di Bumi yang tidak dijajah semut.

4. Suhu Permukaan Terendah di Bumi yang Pernah Tercatat Adalah -144 ° F (-98 ° C)

Pada th. 2013 diperkirakan bahwa suhu permukaan terdingin di Bumi, yang tercatat di Antartika, adalah -135 ° F (-93 ° C). Namun th. ini penelitian udah direvisi dan para ilmuwan menginformasikan bahwa di web terdingin di Bumi, suhu mampu turun lebih rendah lagi, sampai -144 ° F (-98 ° C).

Mereka mengamati satu malam dii kutub pas musim dingin. Rekor suhu raih -144 ° F (-98 ° C) di permukaan Bumi, menurut para ilmuwan.

Kondisi suhu rendah berikut mampu berlangsung karena hawa kering dan langit cerah yang berlangsung selama beberapa hari. Jika mereka bertahan lebih lama, suhu mampu turun lebih rendah lagi, namun para peneliti tidak meneruskan pengamatan.

5. Suhu Tertinggi yang Pernah Tercatat di Antarktika Adalah 63,5 ° F (17,5 ° C)

Suhu tertinggi yang pernah tercatat di benua Antarktika, adalah 63,5 ° F (17,5 ° C). Penemuan itu dijalankan terhadap 2015 di Argentine Research Base Esperanza, dekat ujung utara Semenanjung Antarktika.

Suhu yang lebih tinggi, 67,6 ° F (19,8 ° C) tercatat di pulau Signy, yang terdapat di Kepulauan Orkney Selatan Antarktika, terhadap th. 1982

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *