5 Fakta Menarik Tentang Tugu Monas Yang Kalian Belum Tahu

5 Fakta Menarik Tentang Tugu Monas Yang Kalian Belum Tahu

Monumen Nasional atau yang disingkat bersama dengan Monas adalah tugu atau monumen peringatan bersama dengan tinggi 132 mtr. yang terletak di kota Jakarta. Monumen ini dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajahan Belanda.

5 Fakta Menarik Tentang Tugu Monas Yang Kalian Belum Tahu

Selain fakta di atas, di bawah ini ada 5 fakta menarik lainnya seputar Monas yang wajib anda tahu.

1. Pembangunan Monas sepanjang 14 tahun

Awal pembangunan Monas di mulai terhadap hari kemerdekaan Indonesia yang ke 16, yakni terhadap 17 Agustus 1961 dan dibuka untuk lazim terhadap tanggal 12 Juli 1975. Itu artinya pembangunan Monas menghabiskan pas yang memadai lama, yakni kira-kira 14 tahun. taruhan bola Peresmiannya dilakukan oleh presiden kedua, yakni Presiden Soeharto.

2. Lidah Api di puncak Monas

Bagian puncak monumen ini bersifat lidah api yang terbuat berasal dari emas murni seberat 15,5 ton bersama dengan diameter 6 mtr. dan tinggi 17 meter. Lidah api ini melambangkan motivasi perjuangan rakyat Indonesia yang berkobar pas melawan penjajah.

3. Penyumbang emas sebanyak 28 kilogram

Saat pertama kali dibuat, emas yang digunakan untuk melapisi lidah api membawa berat 35 kilogram. Tetapi terhadap th. 1995, pas Indonesia merayakan kembali th. emas kemerdekaan yakni 50 th. susunan emasnya disempurnakan kembali hingga seberat 50 kilogram.

Nah, tetapi tahukah teman-teman siapa yang menyumbang 28 kilogram emas yang ada di puncak Monas itu? Dia adalah Teuku Markam, seorang saudagar yang berasal berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam. Semasa hidupnya, Teuku Markam tetap berjuang membela tanah air dan kemudian meninggal terhadap th. 1985.

4. Lima kali pindah nama

Sebelum Tugu Monas ini disahkan, wilayah atau lapangan di mana Monas berada ternyata sudah mengalami 5 kali perubahan nama. Mulai berasal dari Lapangan Gambir, Lapangan Ikada, lapangan Merdeka, Lapangan Monas, dan Taman Monas.

5. Pelataran puncak

Pelataran di puncak Monas luasnya 11×11 mtr. yang dapat dinaiki pengunjung secara bergantian. Dari pelataran tersebut, pengunjung dapat memandang gedung-gedung tinggi di Kota Jakarta.

Bahkan kalau langit cerah, pengunjung dapat memandang Gunung Salak di jawa Barat, juga dapat memandang Laut Jawa dan Kepulauan Seribu, lo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *