5 Fakta Menarik Tentang Makanan Sate

5 Fakta Menarik Tentang Makanan Sate

5 Fakta Menarik Tentang Makanan Sate – Sate, salah satu masakan Indonesia favorit semua orang Indonesia. Sate kambing, ayam, sapi, buntel, Padang, udang, apalagi babi bagi mereka yang mengkonsumsinya! Cocok deh membuat selera semua orang! Ternyata banyak fakta-fakta yang menarik loh berasal dari makanan yang bisa kita temukan dimana-mana ini. Yuk simak 5 fakta menarik perihal sate yang wajib kamu tau!

5 Fakta Menarik Tentang Makanan Sate

1. Mulai dikenal semenjak abad ke 19
Popularitas sate ternyata sudah lama banget loh! Sate mulai dikenal semenjak abad ke 19 di pulau Jawa. Kata sate sendiri dikira berasal berasal dari bahasa Tamil. Awal popularitas sate di Jawa berkembang pesat bersamaan bersama dengan banyaknya pendatang berasal dari Arab dan pendatang Muslim Tamil dan Gujarat berasal dari India ke Indonesia.
2. Asal muasal yang misterius
Meski ‘sate’ sendiri diketahui berasal berasal dari pulau Jawa, asal muasal dan sumber gagasan yang melahirkan sate lumayan misterius. Selain teori bahwa terciptanya sate merupakan hasil gagasan berasal dari Timur Tengah, ada teori lain yang menyebut bahwa sate diinspirasi oleh masakan berasal dari Tiongkok. Ada juga yang menyebut sate dibawa para penjajah asal Jepang(kita tentu sudah mengenal robatayaki, sate khas Jepang).
3. Tersebar sampai Afrika Selatan
Sudah memahami bahwa sate tersebar keseluruh Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, kita bisa menemukan beragam type sate yang khas berasal dari tempat masing-masing. Tapi siapa sangka, sate khas Indonesia juga tersebar keseluruh dunia. Sebut saja Belanda yang sebenarnya mempunyai sate kembali ke negara mereka selepas era penjajahan. Selain Belanda, sate juga terkenal loh di Afrika Selatan! Hal ini disebabkan perpindahan pendatang Hindia Belanda ke Afrika Selatan, disini sate dikenal bersama dengan sebutan sosatie.
4. Kalori didalam sate
Jumlah kalori didalam seporsi sate bergantung pada dagingnya sendiri. Misalnya untuk seporsi sate ayam yang berisi 10 tusukan plus lontong memiliki kandungan kalori kurang lebih 681,15 kalori, sedangkan seporsi sate kambing berisi 10 tusuk plus nasi, memiliki kandungan 515,46 kalori. Pada intinya, jumlah kalori didalam seporsi sate dan nasi serupa bersama dengan jumlah kalori nasi bersama dengan protein pilihan kamu.
5. Kesalahan pada fusion sate
Saat ini menu sate sudah menjadi gagasan beragam masakan diseluruh dunia. Mungkin kamu dulu mencoba burger sate (burger yang manfaatkan bumbu sate) sebagai salah satu menu limited edition berasal dari salah satu restoran cepat saji. Berbagai menu fusion sate seperti burger sate, sushi sate, dan tetap banyak menu lain yang terinspirasi berasal dari sate konsisten bermunculan di peta kuliner dunia. Namun sayang, umumnya mengsalah artikan kata sate itu sendiri. Banyak menu yang manfaatkan kata ‘sate’ justru mengambil alih bumbu kacang berasal dari sate dan memadukannya bersama dengan bahan dan tehnik lainnya. Padahal yang dinamakan sate sendiri adalah daging yang ditusuk lantas dibakar, bukan bumbu kacangnya 🙂
Sudah mengenal sate lebih jauh kan, yuk sekarang simak 5 pilihan sate paling enak di Jakarta!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *