5 Fakta Menarik Tentang Burung Gagak

5 Fakta Menarik Tentang Burung Gagak

5 Fakta Menarik Tentang Burung Gagak – Siapa yang tak kenal burung gagak? Burung ini terkenal bersama dengan penampilannya yang ‘sangar’ gara-gara bulunya yang hitam legam. Ada sekitar 40 spesies gagak di seluruh dunia, dan sebagian spesies hidup di Indonesia.

5 Fakta Menarik Tentang Burung Gagak

Di kebudayaan barat, burung gagak sering dihinggapi citra buruk. Mulai berasal dari dianggap sebagai pembawa kematian, pembawa sial, lebih-lebih simbol ilmu hitam. Tapi jangan buru-buru berburuk sangka pada gagak ya, gara-gara si hitam ini mempunyai sejumlah keunikan yang sanggup membuatmu kagum! Yuk cek 5 di antaranya.
1. Burung gagak terlampau cerdas

Di dunia burung, gagak mempunyai ukuran otak yang terbilang luar biasa lho. Gagak mempunyai rasio massa otak dan tubuh sekitar 2,7 persen. Rasio itu lebih besar berasal dari manusia lho, yang cuma mencapai 1,9 persen. Artinya, terkecuali gagak mempunyai tubuh sebesar manusia, maka ukuran otak mereka dapat lebih besar daripada otak manusia!

Memangnya seberapa cerdas sih gagak itu? Penelitian tunjukkan bahwa mereka sanggup mengakibatkan dan memanfaatkan alat untuk menyita makanan. Tidak cuma itu, sebagian spesies gagak lebih-lebih sadar cara membaca lampu lantas lintas lho. Wah, luar biasa ya!
2. Kelompok gagak di daerah berbeda mempunyai logat yang berbeda pula

Manusia kebanyakan mempunyai aksen dengan sebutan lain logat yang berbeda-beda di tiap tiap daerah. Misalnya, meski sama-sama berbahasa jawa, orang di kawasan Jawa Tengah kebanyakan berkata bersama dengan logat yang berbeda bersama dengan orang di Jawa Timur. Begitu pula bersama dengan bahasa-bahasa lainnya.

Nah, ternyata perbedaan semacam itu juga berlaku di dunia gagak lho. Kawanan gagak yang tinggal di suatu lokasi ternyata mempunyai aksen yang berbeda bersama dengan kawanan gagak di lokasi lain. Dan layaknya manusia pula, terkecuali gagak berpindah lokasi dan bergabung bersama dengan group lain, gagak berikut sanggup menyesuaikan diri bersama dengan logat setempat lho!

3. Seperti beo dan kakatua, gagak sanggup menirukan suara manusia

Selama ini burung yang terkenal sanggup menirukan suara manusia adalah beo dan kakatua. Tapi tahukah anda bahwa gagak juga sanggup melakukannya? Bahkan bukan cuma suara manusia, gagak yang dipelihara sanggup menirukan suara-suara lain, seandainya suara mesin mobil, suara toilet, dan suara binatang-binatang lain. Wow!
4. Gagak adalah sibling goal sekaligus anak berbakti

Ada banyak hewan yang terkenal sebagai induk atau orangtua yang baik. Tapi bagaimana bersama dengan saudara yang baik? Mungkin gagak adalah juaranya. Ilmuwan mengamati bahwa gagak remaja ternyata sering membawa makanan ke sarang untuk adiknya yang baru menetas, suatu hal yang kebanyakan cuma dilaksanakan oleh induk burung. Wah, sibling goal banget kan?

Gak cuma itu, gagak juga ternyata sanggup berbakti kepada orangtua lho! Selain untuk adik-adiknya, gagak juga sanggup membawakan makanan untuk orang tuanya, dan juga memelihara sarang orangtuanya berasal dari serangan predator. Tuh kan, gagak aja berbakti, jadi anda juga perlu berbakti pada orangtua ya!
5. Gagak sanggup menaruh dendam

Kalau suatu selagi anda bersua gagak, jangan diganggu ya. Bukan saja gara-gara perihal itu tidak baik, tapi juga gara-gara si gagak sanggup dendam kepadamu! Ya, si burung cerdas ini terbukti sanggup mengetahui dan mengingat wajah manusia lho.

Uji cobalah ilmuwan tunjukkan bahwa saat seekor gagak diperlakukan tidak baik, gagak berikut dapat menyerang si pelaku, lebih-lebih mengajak teman-temannya untuk menyerang bersama. Lalu 7 tahun kemudian, gagak berikut masih mengenalinya dan lagi-lagi menyerang sambil dibantu teman-temannya! Makanya, jangan macam-macam bersama dengan gagak ya.

Itulah lima fakta unik berasal dari gagak, si burung hitam yang ternyata terlampau cerdas. Gimana, ternyata gagak itu keren kan? Jadi jangan dulu berprasangka jelek pada burung cantik ini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *