5 Fakta Menarik Tentang Ayam Kalkun

5 Fakta Menarik Tentang Ayam Kalkun

5 Fakta Menarik Tentang Ayam Kalkun – Ayam kalkun kondang sebagai hidangan mewah yang sering dimasak waktu momen spesial. Ukurannya yang besar dan daging yang lebih gurih sebabkan ayam kalkun terhitung punyai harga lebih tinggi dari model ayam yang sehari-hari sering dikonsumsi. Tapi di balik itu seluruh anda udah mengerti belum lima fakta menarik ayam kalkun ini?
1. Jenis kelamin kalkun bisa dibedakan dari wujud kotorannya

5 Fakta Menarik Tentang Ayam Kalkun

Memang sedikit unik dan menjijikkan tapi fakta ini sebenarnya benar, seekor ayam kalkun bisa dibedakan berdasarkan wujud kotoran dengan kata lain tinja mereka. Kalkun jantan akan mengeluarkan kotoran berupa spiral, sedang para kalkun betina mengeluarkan wujud menyerupai huruf ‘J’.
2. Pelari cepat meski bertubuh tambun

Kalkun sebenarnya punyai wujud fisik yang hampir lima kali lipat lebih besar dari ayam ternak kebanyakan, tapi meskipun bertubuh tambun kalkun adalah pelari cepat lho. Mereka punyai kaki ramping dengan cakar kuat yang sebabkan kecepatan larinya bisa mencapai 40 km/jam. Membayangkan ayam sebesar ini lari dengan kecepatan penuh bikin ngeri terhitung ya?
3. Proses kembang biak kalkun

Memang tidak sebesar burung unta, tapi telur kalkun berukuran dua kali lipat dari telur ayam biasa. Kalkun bisa bertelur 10-12 biji di dalam sekali musim kawin. Telur-telur ini terlihat satu per satu tiap tiap harinya di dalam periode hampir 2 minggu. Setelah itu telur akan menetas sesudah berumur 28 hari.

4. Kalkun liar tidur di atas pohon

Bukan cuma manusia yang menyukai daging lezat kalkun tapi tersedia banyak predator lain layaknya ubah atau serigala yang mengancam keberadaan mereka. Kalkun akan segera naik dari ranting ke ranting untuk mendapati tempat tinggi yang aman supaya tidak dimangsa predator waktu hari gelap.
5. Kalkun liar bisa terbang hingga 55 KM/jam

Kalkun liar yang berjenis Meleagris gallopavo adalah hanya satu model ayam kalkun yang bisa terbang hingga kecepatan 55 KM/jam. Kalkun ini punyai tubuh yang lebih ramping oleh karena itu mereka bisa terbang dengan amat gesit. Berbeda dengan kalkun ternak yang punyai tubuh besar karena sebenarnya tujuannya untuk dikonsumsi. Kalkun liar ini udah hampir punah, populasinya per tahun 1990-an cuma tersisa 30.000 ekor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *