5 Fakta Menarik Monas yang Tak Banyak Diketahui Orang

5 Fakta Menarik Monas yang Tak Banyak Diketahui Orang

5 Fakta Menarik Monas yang Tak Banyak Diketahui Orang

Monas hari ini mendadak jadi sorotan setelah berlangsung ledakan di kawasan monumen peringatan tersebut, Selasa (3/12/2019) lebih kurang pukul 07.15 WIB. Polisi menyebut ledakan berasal berasal dari granat asap.
Bandar Taruhan
Akibat ledakan itu, terdapat dua korban luka yang merupakan anggota TNI. Setelah sempat ditutup, kawasan Monas udah diakses kembali untuk publik sejak pukul 10.00 WIB.

Seperti diketahui, Monas merupakan tidak benar satu daerah tujuan wisata di Jakarta. Kawasan bersama bermacam fasilitas, seperti jogging track dan taman ini juga selalu dipadati pengunjung tiap tiap akhir pekan.

Berikut lima fakta menarik Monas yang tak banyak diketahui orang.

1. Emas di puncak Monas tak pernah dibersihkan

Bagian emas di puncak Monas ternyata tak pernah dibersihkan. Sebab emas di Monas diyakini udah ‘dimandikan’ secara alami oleh hujan.

2. Rumor emas di puncak Monas berupa wanita

Banyak cerita menarik seputar Monas yang beredar berasal dari mulut ke mulut. Salah satunya adalah emas berupa lidah api di puncak Monas terkecuali dilihat berasal dari sisi Istana Kepresidenan dapat keluar seperti perempuan.

“Sebenarnya tidak hanya berasal dari Istana ya. Menurut cerita memang seperti itu. Itu tinggal imajinasi kami saja,” ucap Rini Hariyani kala tetap menjabat sebagai Kepala UPT Monas, dikutip detikcom.

3. Sebagian emas di puncak Monas sumbangan saudagar Aceh

Saat pertama kali dibangun, puncak Monas dilapisi bersama emas seberat 38 kg. Dari 38 kg itu, sebanyak 28 kg di antaranya merupakan sumbangan berasal dari saudagar asal Aceh bernama Teuku Markam.

Markam sempat dipenjara terhadap masa Orde Baru 1966. Ketika itu, ia dipenjara atas bermacam tuduhan dan baru bebas terhadap 1974. Markam meninggal dunia akibat penyakit yang dideritanya di Jakarta terhadap 1985.

4. Berat emas di puncak Monas ternyata bertambah

Bobot emas berupa lidah api di puncak emas rupanya udah makin tambah berasal dari 38 kg jadi 50 kg. Penambahan itu berlangsung terhadap th. 1995, di mana Republik Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-50 atau kembali th. emas.

Pemerintah kala itu sesudah itu meningkatkan kuantitas emas supaya genap 50 kg. Emas melapisi perunggu seberat 14,5 ton yang berada di anggota dalam lidah api.

5. Tutup tiap tiap hari Senin

Meski udah diberlakukan sejak 2014, tetap ada penduduk yang tak tahu bahwa Monas tutup tiap tiap hari Senin. Kebijakan disita dikarenakan pengelola gunakan hari Senin untuk melaksanakan perawatan seluruh kawasan Monas, terlebih di anggota tugu.

Kunjungi Juga : 5 FAKTA MENARIK

Namun terhadap 2017, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, memerintahkan Monas selalu diakses terkecuali bertepatan bersama hari libur nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *